Kamis, 31 Desember 2009

Membuat Program Belajar Mengenal Angka dengan Java NetBeans


Setelah sebelumnya kita membuat game tebak gambar dan isian, sekarang gw mau nge – share lagi apa yang gw buat waktu PI. Program yang dibuat kali ini akan menggabungkan gambar dengan suara.





Karena aplikasi ini ditujukan untuk anak – anak untuk belajar mengenal huruf maka harus digunakan suara agar anak – anak dapat lebih mengetahui angka – angka tersebut.
            Karena aplikasi ini tidak menggunakan database, maka kita langsung saja tambahkan frame pada project PI_APLIKASI_CALISTUNG sebelumnya, misalnya dengan nama FrameKnalangka. Setelah selesai bangun GUI – nya, kita gunakan contoh sebagai berikut :
 



Gunakan label untuk tampilan gambarnya, lalu gunakan button untuk tombol angka – angkanya. Untuk button gunakan panel sebagai dasar desainnya lalu tambahkan button diatasnya agar lebih rapi. Caranya jendela inspector klik kanan pada JPanel yang digunakan sebagai dasar button – pilih Set Layout – pilih GridLayout, kemudian klik kanan pada GridLayout – pilih properties – ubah Columns-nya menjadi 3, Horizontal Gap 5, Rows 4, Vertcal Gap 5. Lalu masukan button – button-nya kedalam panel. Ubah textnya dari 0 sampai 10.
            Langkah selanjutnya klik semua button angkanya (gunakan tombol ctrl pada keyboard), lalu tambahkan event actionPerformed dengan nama allButtonActionPerformed.
            Ganti ke bagian source lalu ketikan package berikut :
import javax.swing.*;
import javax.swing.ImageIcon;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import java.applet.AudioClip;

            Kemudian masukan perintah berikut di bawah public class FrameKnalangka extends javax.swing.JFrame {
javax.swing.ImageIcon gambar2[];
java.applet.AudioClip klip[];
java.net.URL url2;
java.net.URL url3;
    /** Creates new form FrameKnalangka */
public FrameKnalangka() {
        ambilfile();
        setTitle("Belajar Mengenal Angka");
        setResizable(false);
        initComponents();
    }

private void ambilfile() {
        String namaKlip[] = {"0.wav","1.wav","2.wav","3.wav","4.wav","5.wav","6.wav","7.wav","8.wav","9.wav","10.wav"};
        String ambilGmb[] = {"0ka.JPG","1ka.JPG","2ka.JPG","3ka.JPG","4ka.JPG","5ka.JPG","6ka.JPG","7ka.JPG","8ka.JPG",
                             "9ka.JPG","10ka.JPG"};
         klip = new java.applet.AudioClip[11];
         gambar2 = new javax.swing.ImageIcon[11];
         for (int i = 0; i < 11; i++) {
             url2 = getClass().getResource("/"+namaKlip[i]);
             klip[i] = java.applet.Applet.newAudioClip(url2);
             url3 = getClass().getResource("/"+ambilGmb[i]);
             gambar2[i] = new javax.swing.ImageIcon(url3);
        }
    }

            Langkah selanjutnya masukan perintah berikut dalam event allButonAction :
private void allButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                          
// TODO add your handling code here:
        String sButton = evt.getActionCommand();
        if (sButton == "0") {
            klip[0].play();
            lbltampil.setIcon(gambar2[0]);
        }
        else if (sButton == "1") {
            klip[1].play();
            lbltampil.setIcon(gambar2[1]);
        }
        else if (sButton == "2") {
            klip[2].play();
            lbltampil.setIcon(gambar2[2]);
        }
        else if (sButton == "3") {
            klip[3].play();
            lbltampil.setIcon(gambar2[3]);
        }
        else if (sButton == "4") {
            klip[4].play();
            lbltampil.setIcon(gambar2[4]);
        }
        else if (sButton == "5") {
            klip[5].play();
            lbltampil.setIcon(gambar2[5]);
        }
        else if (sButton == "6") {
            klip[6].play();
            lbltampil.setIcon(gambar2[6]);
        }
        else if (sButton == "7") {
            klip[7].play();
            lbltampil.setIcon(gambar2[7]);
        }
        else if (sButton == "8") {
            klip[8].play();
            lbltampil.setIcon(gambar2[8]);
        }
        else if (sButton == "9") {
            klip[9].play();
            lbltampil.setIcon(gambar2[9]);
        }
        else if (sButton == "10") {
            klip[10].play();
            lbltampil.setIcon(gambar2[10]);
        }
        else {
            System.err.println("Klip dan gambar tidak ditemukan.");
        }
    }              

Setelah selesai kembali ke bagian design lalu dalam jendela inspector klik kanan pada JFramr – pilih Event – pilih Window – pilih windowActived. Lalu tambahkan perintah berikut dalam event formWindowActivated :

              private void formWindowActivated(java.awt.event.WindowEvent evt) {                                     
// TODO add your handling code here:
        Dimension dim = Toolkit.getDefaultToolkit().getScreenSize();
        int x = (dim.width - getSize().width)/2;
        int y = (dim.height - getSize().height) / 2;
        setLocation(x,y);
    }

Setelah selesai build programnya lalu jalankan, klik tombol dari 0 sampai 10, akan terdengan suara yang menyebutkan dari angka-angka tersebut. Oya pastikan juga file suara sudah tersedia dalam satu folder dan simpan di drive yang diinginkan lalu ambil filenya untuk class path. Caranya sama seperti postingan sebelumnya.

            Begitulah kira – kira. Bagaimana mudah kaaaaannnn ???? ^__^. Nah gw udah nge - share 3 aplikasi yang udah gw buat waktu PI, gimana untuk belajar kalian gabungkan ketiga aplikasi tersebut dengan menambahkan satu aplikasi yaitu menu dimana kalian dapat memilih aplikasi apa yang akan dijalankan !!!! Selamat mencobaaa !!! ^__^ i






5 komentar:

Andiwi mengatakan...

hehehe.... msi bingung.....

Unknown mengatakan...

yang program vb ada gak mbak??????

andy mengatakan...

thank ya..
anak mana??
kuliah d IT juga yanceivedi

Must mengatakan...

boleh minta source code x gak mas/mb?
thnks

Putraaoxl mengatakan...

cara buat kecilin button gmn yaa..??