Sabtu, 26 Juni 2010

Situs Pertemanan Twitter


Gak tau kenapa pengen ngebahas ini gw sendiri belum familiar dengan dunia twitter. Setau gw twitter mulai terkenal di Indonesia sejak tahun 2008, dan gw sendiri baru menggunakan twitter pada awal 2010. Agak telat memang, karena terus terang awalnya gw kurang tertarik dengan twitter karena fiturnya yang kurang menarik seperti facebook. Tapi semakin banyaknya pengguna twitter di Indonesia perlahan – lahan gw juga mulai ketagihan dengan twitter (hehehehe... ^__^), sekarang kalo ad apa – apa gak afdol kalo gak update status di twitter (hohoh...). But guys apa yang ngebuat twitter begitu menarik, sehingga penggunanya semakin banyak di Indonesia, bahkan mungkin bisa menggeser posisi jumlah pengguna facebook di Indonesia (gw sendiri sekarang lebih sering update status di twitter ketimbang di facebook). Sebelumnya gw pengen kasih tau dulu nih twitter itu apa buat yang belum tau twitter (tapi kayanya udah pada tau ya?? ^_^v).



Twitter adalah sebuah situs mikroblog dan situs web jejaring sosial yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp. Kata twitter secara harfiah berarti 'berkicau'. Situs ini mempunyai konsep blog mikro dalam penggunaannya.
Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.
Saat ini Twitter belum secara resmi mendukung bahasa Indonesia di layanan situsnya, walaupun jumlah pengguna Twitter berbahasa Indonesia cukup banyak.

twitter memberikan tampilan yang sangat sederhana sekali. Fasilitas yang ada hanya berupa tweet yang dibatasi dengan 140 karakter saja, semacam pisan singkat elektronik. Sistem pertemanannya berupa follow yang tidak dibatasi. Bila kita ingin mengetahui apa saja update status terbaru dari teman kita, kita bisa menfollownya. Tetapi bila kita tidak ingin timeline kita dipenuhi oleh tweet seseorang kita bia tidak memfollow orang tersebut meskipun orang itu memfollow kita. Bila dibilang kepopuleran kita bisa dilihat dari berapa banyak jumlah orang yang memfollow kita, bukan dari berapa banyak temanyang kita follow.
Twitter tidak memberikan fasilitas upload foto atau video seperti facebook. Tetapi beberapa situs memberikan kemudahan bagi pengguna twitter untuk mensharing gambar atau video melalui akun twitter kita, seperti twitpic, tweetphoto, yfrog, dll. Caranya pun cukup mudah kita tinggal membuka salah satu situs twitpic, tweetphoto atau yang lainnya, kemudian login dengan akun twitter kita kemudian upload gambar dan video lalu secara otomatis status twitter kita akan berupa link untuk membuka gambar yang kita upload tersebut.

memang sedikit kurang praktis tapi sesungguhnya apa yang menyebabkan twitter begitu populer di Indonesia???

Dalam personalisasi dan cara registrasinya ternyata amat mudah dibanding jejaring sosial yang lain. Yang bisa di isikan dalam Twitter adalah nama lengkap, nick name yang di inginkan, foto profil dan alamat website.
Karena kemudahan dalam update ditambah banyaknya aplikasi pihak ke-3 seperti TweetDeck, Domikado, UberTwitter, Twittai, Snaptu, Dabr atau juga milik Indonesia yaitu TuitWit, Twitter mampu menghadirkan informasi yang amat cepat yang dituliskan oleh peggunanya. Fasilitas Trending Topics atau topik yang paling banyak diperbincangkan menjadi salah satu ke istimewaan twitter, dan juga membuat kita tau isu terhangat. Topik dari Indonesia sering keluar masuk trending topik dari twitter yang menandakan bahwa pengguna twitter di Indonesia luar biasa banyaknya, seperti ketika uber & thomas berlangsung di Malaysia.
Pernah dengar RETWEET?? nah ini dia fasilitas yang paling keren sekaligus sensitif. Selain dapat mengulang tweet orang lain dan memberitahukannya pada Followers kita ternyata RT atau retweet mempunyai efek yang amat luar biasa. Hati-hati dalam mengupdate status di twitter. Kenapa? jika kita salah-salah update atau yang memancing kemarahan orang lain (kontroversial), tweet tersebut dapat “keliling dunia” tanpa kendali kita. Kenapa?? karena jika orang lain tertarik dan me-RT nya dan yang lain juga merasakan hal yang sama, tweet tersebut akan terus-menerus ter-RT bagai pesan beruntun di RT. Dan parahnya kita itu diluar kendali penulisnya karena dia gak mungkin bisa ngapus sementara itu tweet beserta nama dia sudah berjalan-jalan sehingga semua orang bisa liat.

Pengguna twitter di Indonesia
SAN FRANSISCO - Sebuah data menunjukkan, Indonesia berada di posisi ke enam sebagai negara dengan pengguna Twitter terbanyak, meski Amerika masih menjadi negara nomor satu untuk urusan Twitter.
Amerika memang masih mendominasi penggunaan Twitter dengan jumlah lebih dari 50 persen dari total pengguna Twitter secara keseluruhan. Namun begitu, angka ini mulai menurun karena sebelumnya, pada data pertengahan bulan lalu, pengguna Twitter di Amerika masih sekira 62 persen, saat ini hanya 50,88 persen.
Dilansir melalui Mashable, Selasa (26/1/2010), pertumbuhan yang cukup signifikan terjadi di beberapa negara seperti Jerman, Brasil dan Indonesia. Ketiga negara dianggap cukup memberikan kontribusi jumlah pengguna yang signifikan, seiring dengan menurunnya pangsa Twitter di Amerika.
Data sebelumnya, pengguna Twitter di Brasil hanya 2 persen dari keseluruhan jumlah pengguna. Namun saat ini jumlah tersebut meningkat hingga 8,8 persen. Posisi Brasil berada di bawah Amerika.
Sedangkan Inggris berada di bawah Brasil dengan 7,20 persen dari total pengguna, menyusul Kanada, Jerman, dan Indonesia, dengan masing-masing presentase 4,35 persen, 2,49 persen dan 2,41 persen.
Di bawah ke enam negara tersebut masih berjejer Australlia, Belanda, India dan Jepang menduduki posisi urut 7 hingga 10.
Temuan lain yang didapati perusahaan analisa media sosial Sysomos adalah, sejak fitur geolokasi diluncurkan Twitter pada November silam, hanya sekira 0,23 persen dari 10 juta tweet yang diteliti Sysomos yang benar-benar menggunakan fitur lokasi tersebut. (srn).

nb: yang punya akun twitter follow me @ifafanisa (hehe...sekalian promosi ^^v

source :
wikipedia
okezone
fuvenanda@wordpress.com

Tidak ada komentar: